Biografi Miley Cyrus

Posted on

Cyrus lahir dan dibesarkan di Tennessee bersama orang tuanya, Leticia “Tish” Cyrus dan Billy Ray Cyrus. Kedua orang tuanya memberinya nama Detiny Hope Cyrus karena mereka percaya jika ia akan melakukan hal-hal hebat dalam hidupnya. Mereka juga memberi nama panggilan “Smiley” yang kemudian dipendekan menjadi “Miley”, karena ia selalu tersenyum ketika masih bayi. Ibu baptisnya adalah Dolly Parton, yaitu penyanyi Country terkenal pada era 60 hingga 70-an. Cyrus memiliki tiga saudara tiri, Trace, Brandi dan Christoper Cody serta dua adik kandung, Braison dan Noah.

 

Di tahun 2001, ketika Cyrus berusia 8 tahun, ia dan keluarganya pindah ke Toronto, Kanada, ketika ayahnya sedang melakukan syuting serial TV, Doc. Cyrus mengaku ia terinspirasi menjadi seorang aktris ketika melihat ayahnya berakting. Cyrus mendapatkan peran pertamanya sebagai Kylie di serial TV, Doc. Pada tahun 2003, Cyrus mendapatkan peran sebagai “Ruthie” muda dalam film garapan Tim Burton, Big Fish.

Di usia 11 tahun, Cyrus mengikuti audisi untuk mendapatkan peran dalam sitkom, Hannah Montana. Pada awalnya ia mengikuti audisi untuk mendapatkan peran Lilly Truscott, namun ia berhasil mendapatkan peran Chole Stewart meskipun pada saat itu usianya terlalu muda untuk peran ini. Tokoh Chole Stewart pun diganti menjadi Miley Stewart.

 

Hannah Montana menjadi sitkom Disney Channel dengan rating tertinggi dan tersukses. Cyrus pun mendapatkan status sebagai idola remaja. Sitkom ini tayang perdana pada tanggal 26 Maret 2006.

Lagu tema untuk sitkom ini, “Best Of Both Worlds” dinyanyikan oleh Cyrus dan dirilis pada tanggal 28 Maret 2006. Dengan berpakaian seperti Hannah Montana, Cyrus menjadi bintang tamu pembuka untuk tur The Cheetah Girls, The Party’s Just Begun Tour. Pada tanggal 24 Oktober 2006, Walt Disney Records merilis album pertama Hannah Montana. Album ini berhasil menduduki peringkat nomor satu di Billboard 200.

Musim kedua sitkom Hannah Montana tayang perdana pada tanggal 23 April 2007 dan terus ditayangkan hingga 12 Oktober 2008. Cyrus menandatangani kontrak dengan Hollywood Recordsuntuk empat album dan pada tangal 26 Juni 2007, ia merilis album dengan dua CD. CD pertama merupakan soundtrack untuk sitkom Hannah Montana 2, dan CD kedua merupakan debut albumnya dengan judul Meet Miley Cyrus. Album ini menduduki peringkat nomor satu di Billboard 200 dan mendapatkan tiga kali platinum dari RIAA. Single pertama dari album ini, “See You Again” berhasil menduduki top 10 di Billboard Hot 100. Pada musim gugur 2007, Cyrus mengadakan tur pertamanya, Best Of Both Worlds Tour untuk mempromosikan album ini.

 

Pada tanggal 24 Januari 2012, Cyrus berpartisipasi dalam album Chimes of Freedom: Songs of Bob Dylan Honoring 50 Years of Amnesty International. Cyrus menyanyikan ulang lagu Bob Dylan yang berjudul You’re Gonna Make Me Lonesome When You Go, yang juga dibuatkan musik videonya. Versi Cyrus mendapatkan respon positif dari kritikus musik.

Di bulan Februari, Cyrus mengundurkan diri dari proyek film animasi, Hotel Transylvania, untuk fokus ke karier musiknya. Suara tokoh “Mavis” yang awalnya akan ia isi, digantikan oleh Selena Gomez.

Pada tanggal 4 Mei 2012, film yang dibintanginya, LOL: Laughing Out Loud, dirilis secara terbatas dan hanya ditayangkan dibioskop-bioskop tertentu di Amerika Serikat dengan keuntungan hanya 46.500 dollar. Namun meski begitu, LOL: Laughing Out Loud meraih kesuksesan besar di beberapa negara Eropa seperti Denmark, Swedia, Norwegia dan Finlandia. Bahkan di Skandinavia, film ini meraih keuntungan 1,6 juta dollar.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s