Keadaan Geografis kota Depok

Posted on

Jakarta merupakan pusat kota di Indonesia, tapi jika melihat  Jakarta sekarang, dengan padatnya, macetnya, dan polusinya yang tinggi sepertinya sulit dibayangkan bawha bahwa kota tersebut aadalah Ibu kota Indonesia, kota yang menjadi cerminan Negara Indonesia ini.

Tapi saya tidak membahas tentang Jakarta sekarang, saya ingin membahas tentang kota kecil yang dekat dengan Jakarta.

Depok, tempat saya tinggal sekarang.kota yang dijuluki dengan kota belimbing ini merupakan salah satu kota kecil yang berada di jawa barat

Yuk kita lihat bagaimana keadaan geografis dari salah satu kota kecil di jawa barat tersebut.

Kotamadya Daerah Tingkat II Depok atau disingkat dengan Kota Depok, terletak disebelah selatan propinsi DKI Jakarta, memiliki luas wilayah 20.504,54 Ha (200,29 Km2) dengan jumlah penduduk pada tahun 1998 sebesar 1.006.537 jiwa. Kota Depok terdiri dari 6 kecamatan, 39 desa dan 24 kelurahan dengan perincian sebagai berikut: Kecamatan Pancoran Mas: 6 Kelurahan dan 5 Desa 2; Kecamatan Beji 6 Kelurahan; Kecamatan Sukmajaya: 11 Kelurahan dan 12 desa; Kecamatan Cimanggis: 1 Kelurahan dan 12 Desa; Kecamatan Sawangan: 14 Desa; Kecamatan Limo: 8 Desa.

Mata pencaharian penduduk Kota Depok berada pada sektor-sektor berikut ini: perdagangan dan jasa: 126.616 orang (35,42 %), pegawai negeri (PNS/TNI): 82.237 orang (23,02%), petani: 224.468 orang (6,85%), pengrajin: 2.267 orang (0,63%), pengusaha: 657 orang (0,18%), lain-lain: 121.207 orang (33,9%).

Kota Depok merupakan dataran landai denga rata-rata ketinggian 121 m dari permukaan laut dan merupakan daerah resapan air bagi DKI Jakarta. Secara topografis wilayah ini perlu dikendalikan dan direncanakan pembangunannya sehingga tidak mengancam ketersediaan air bagi wilayah DKI Jakarta.

Kondisi wilayah Kota Depok Merupakan tanah darat dan tanah sawah. Sebagian besar tanah darat merupakan areal pemukiman sesuai dengan fungsi kota Depok yang dikembangkan sebagai pusat pemukiman ,pendidikan, perdagangan dan jasa. Fasilitas pendidikan yang ada di wilayah Kota Depok adalah taman kanak-kanak: 17 buah,SD/MI: 442 buah, SMP/MTS: 192 buah, SMU/MA: 91 buah, perguruan tinggi: 5 buah, danSLB: 4buah, Fasilitas transportasi antara lain Terminal Terpadu: 1 buah, Stasiun Kereta Api: 5 buah.

Sementara fasilitas kesehatan yang tersedia di Kota Depok diantaranya adalah Rumah Sakit Umum: 4 buah, puskesmas: 24 buah, posyandu: 637 buah, klinik KB: 176 buah, apotik : 77 buah

 

Nah itu sekilas tentang kota tempat saya tinggal sekarang, mungkin kota depok masih jauh dari kategori baik untuk di jadikan ibu kota. Tapi mungkin saja di masa depan depok bisa menjadi kota yang memegang peran sentral di Indonesia, hehe

 

SUMBER : http://membangundepok.blogspot.com/2006/02/profil-kota-depok.html

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s