Pengangguran !!!

Posted on

PENGANGGURAN………..

Bicara soal pengagguran, tak akan ada habisnya pengangguran di Indonesia, Negara Indonesia yang kita cintai ini..

Saya menemukan sebagian data pengagguran di Indonesia

 

Badan Pusat Statistik (BPS) per hari ini mencatat ada sekira 1,1 juta orang yang menjadi pengangguran baru di Indonesia. Jumlah tersebut merupakan jumlah anak yang tamat sekolah (perguruan tinggi) namun belum bisa diterima bekerja.

“Minimal ada 1,1 juta anak tamat sekolah tidak bisa kerja,” ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan RI Fadel Muhamad saat memberi sambutan Workshop “Mewujudkan Dunia Usaha Perikanan yang Maju, Mandiri dan Berkelanjutan melalui Dukungan Penyediaan Pembiayaan Perbankan, di Gedung Thamrin Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (22/4/2010).

Dengan demikian, pihaknya akan mendorong jumlah pengusaha baru di Indonesia. Saat ini, penetrasi pengusaha masih 0,18 persen dari total populasi Indonesia. Sedangkan, di Singapura mencapai 10 persen dan di Amerika Serikat mencapai 12 persen.

“Pengusaha tidak bisa lahir secara natural, tapi harus by design. Intinya pemerintah harus menyiapkan segala sesuatunya untuk mendorong pengusaha baru di Indonesia,” katanya..(okezone.com)

Melalui cuplikan artikel yang saya temukan di internet itu menyatakan bahwa memang sangat banyak pengagguran di Indonesia. Saya jadi agak sedikit takut nantinya setelah lulus kuliah apakah saya akan mendapatkan pekerjaan.

Saya sedikit berfikir bahwa kuliah akan menjadi sia- sia, sudah membayar kuliah mahal- mahal dan nyatanya nanti tetap tidak dapat mendapatkan pekerjaan yang layak..

Salah satu dosen di universitas saya mengatakan memang persaingan dalam mencari pekerjaan setiap tahunnya sangat lah sulit. Kesempatan atau lowongan kerja yang ditawarkan oleh perusahaan tak sebanding dengan jumlah mahasiswa yang lulus setiap tahunnya. Sehingga kita dituntut memiliki suatu keahlian yang berbeda dengan orang lain, bukan hanya gelar sarjana yang menempel pada nama kita nantinya.

Lain halnya dengan lulusan yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi, setelah lulus mereka dapat membuka usahanya sendiri, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang banyak.

Dari data BPS saja dapat dilihat, minimal 1,1 juta anak tamat sekolah tidak dapat kerja.

Bukan karena kualitas manusianya yang payah, tapi memang tak ada kesempatan besar untuk menampung mereka semua.

Mengerikan bukan?..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s